Mengubah Sampah Menjadi Bernilai

Re-use”, mungkin bisa menjadi julukan yang tepat bagi perempuan bernama lengkap Khilda Baiti Rohmah, ST (26) ini. Sebab, di tangan ibu muda asal Bandung ini, sampah yang menjadi sumber ketidaknyamanan warga kota Cimahi-Bandung, yang juga menjadi sumber bau dan PR besar pemerintahan Cimahi, bisa menjadi sesuatu yang berharga serta membuat kota Cimahi menjadi indah dan nyaman. Tak heran bila ia banyak mengantongi penghargaan yang umumnya di bidang lingkungan hidup.

Keterlibatannya dalam dunia sampah bisa jadi karena cita-cita dan perjalanannya menggapai citacita menjadi seorang insinyur. Menurutnya, untuk bisa menjadi seorang insinyur, ia harus kuliah sambil berkerja di lima tempat dengan profesi berbeda dan itu dilakukannya setiap hari. Inilah pekerjaannya: loper koran yang mengantarkan koran ke rumah-rumah, guru privat anak sekolah, editor konten disebuah perusahaan website, dan menjadi buruh pelipat kartu undangan.

“Dari pekerjaan itu, saya akhirnya bisa kuliah dan meraih cita-cita,” papar Vice President of Marketing PT Pilar Timur Teknologi ini. Selain itu, lanjut Khilda, titik tolak dirinya bergelut di sampah diawali saat bergabung dengan LSM YPBB (Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi) di Bandung. Di situ ia banyak mendapatkan ilmu terkait pengelolaan sampah sampai pada suatu waktu dirinya mendapatkan pengalaman berharga, sehingga membuatnya yakin dan teguh untuk berdiri mengelola sampah.

Ceritanya, saat itu Khilda bertemu seorang kakek yang sudah 35 tahun mengangkut sampah dengan penghasilan hanya Rp350 ribu sebulan. Si kakek mempunyai 8 anak, tentu saja dia tidak dapat menyekolahkan anak-anaknya. “Saya bisa merasakan apa yang ada di dalam batin si kakek, sebab saya pernah berjibaku hanya untuk membiayai sekolah.” Khilda lantas berpikir, bagaimana caranya supaya anak-anak si kakek bisa bersekolah dari sampah dan bisa hidup dari sampah dengan nyaman.

Ketekunan akan membuah hasil karena itulah kita semua harus berusaha keras untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. Salah satu cara untuk lulus tes adalah dengan persiapan yang matang. Tempat terbaik untuk kursus IELTS di Jakarta adalah pilihan tepat untuk persiapan menghadapi tes tersebut.