Kacamata “Tembus Pandang” Epson Moverio BT-300 Bidik Pengguna Drone

Menjelang akhir tahun lalu, Epson telah memperkenalkan kacamata “tembus pandang” berbasis Augmented Reality (AR) Moverio BT-300. Hanya saja saat itu, Epson belum dapat menghadirkan Moverio BT-300 secara resmi terkait proses perijinan. Kini setelah memakan waktu enam bulan sejak diluncurkan November 2016 lalu, pada Mei 2017 ini kacamata AR Epson pun sudah melenggang ke pasar Indonesia. Moverio BT-300 sendiri sebenarnya bukan barang baru. Pendahulunya, Moverio BT-100 dan BT-200 sudah dikembangkan sejak 2011. Bila dibandingkan dengan versi sebelumnya, BT-200, produk BT-300 ini memiliki tingkat kecerahan 20 persen lebih terang dan dilengkapi dengan prosesor quad core Intel Atom serta Android OS v5.1.

Maka tak heran jika Epson mengajak para developer untuk mengembangkan aplikasi di Moverio BT-300 ini. Moverio BT-300 juga memiliki kompatibilitas dengan Android atau iOS hanya dengan menggunakan konektivitas Bluetooth. Epson Moverio BT-300 dapat dioperasikan secara hands free melalui kamera 5 megapixel HD pada bagian depan kacamata dengan sensor cerdas yang dapat mendeteksi dimensi dan posisi ruang obyek yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Hal ini sesuai dengan visi Epson yang ingin mengembangkan kacamata pintar AR untuk meningkatkan efi siensi para pekerja dengan kemampuan hands free dan real time display yang bisa digunakan di berbagai jenis area industri seperti logistik, pelayanan lapangan, manufaktur, perawatan kesehatan, biro perjalanan dan perhotelan, retail dan lain sebagainya.

Zanipar Siadari (Visual Instrument Department Head Epson Indonesia) saat konferensi pers menyebutkan, salah satu partner yang kini sedang digandeng Epson untuk memasarkan Moverio BT- 300 adalah produsen drone DJI. Zanipar menyebut, Epson ingin agar para pemilik drone bisa merasakan tampilan berdasarkan posisi drone (eagle view). Melalui aplikasi DJI Go, Epson Moverio BT-300 mampu melihat secara jelas dan dalam sudut pandang orang pertama melalui drone yang sudah terhubung. Tak heran jika hal ini membuka peluang bisnis yang tepat untuk fotografi maupun videografi udara. Wearinasia sebagai salah satu store yang turut memasarkan Epson Moverio BT-300 pun akan menjual produk ini agar bisa disandingkan dengan drone produk DJI. Adapun Moverio BT-300 dipasarkan sekitar Rp13 juta.