Dell EMC Perkenalkan Lini Server PowerEdge Generasi ke-14 di Indonesia

Dalam studi ESG 2017 IT Transformation Maturity Curve yang disponsori oleh Dell EMC, tercatat perusahaan-perusahaan yang telah melakukan transformasi digital akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dalam menjadikan TI sebagai keunggulan kompetitif. Untuk itu, perusahaan membutuhkan sebuah fondasi infrastruktur yang kuat dan modern yang bisa memberikan peningkatan kinerja untuk mendukung inovasi-inovasi dalam menghadirkan model-model bisnis baru. Mendukung hal tersebut, Dell EMC secara resmi memperkenalkan generasi ke-14 dari server PowerEdge ke pasar Indonesia.

Dell EMC PowerEdge generasi terbaru ini memiliki pembaruan di sisi spesifi kasi serta penambahan fi tur keamanan serta otomatisasi. Pertama kali diperkenalkan pada acara Dell EMC World 2017, lini PowerEdge terbaru ini memiliki setidaknya tujuh varian server. Ketujuh varian tersebut dibedakan untuk kebutuhan aplikasi yang berbeda-beda, seperti high performance computing, database, cloud, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Dell EMC PowerEdge generasi terbaru ini juga menggunakan prosesor Intel Xeon Scalable yang diklaim mampu memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk kebutuhan aplikasi di cloud dan data center. Beberapa keunggulan Xeon Scalable yang disorot Intel antara lain peningkatan performa hingga 1,65 kali lipat daripada generasi sebelumnya, peningkatan beban kerja OLTP warehouse hingga 5 kali lipat dibanding saat ini, skalabilitas yang lebih tinggi dengan dukungan hingga 28 core, memori 6 TB, dan 56 thread per soket, serta peningkatan keamanan data dan kriptografi hingga 3,1 kali lipat.

Peningkatan Kinerja dan Keamanan

Peningkatan kinerja pada PowerEdge generasi ke-14 dapat dirasakan contohnya pada aplikasi database. Server baru ini diklaim memiliki latensi yang lebih rendah dan IOPS mencapai 12 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumya. Selain itu, dengan kinerja CPU yang lebih baik, migrasi virtual machine (VM) juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dengan beban prosesor yang lebih rendah. Dengan penggunaan penyimpanan berbasis fl ash dan dukungan chip fl ash NVMe yang lebih banyak, kinerjanya juga jauh lebih cepat serta mampu menampung kapasitas yang lebih besar karena memiliki density yang lebih tinggi. Untuk urusan keamanan, PowerEdge terbaru ini juga memiliki sistem pemantauan yang telah ditingkatkan.

Ditambah lagi dengan otomatisasi pintar OpenManage Enterprise yeng menggunakan RESTful API yang memiliki berbagai fungsi seperti pemantauan, pemeliharaan, serta prediksi untuk pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan. Dell EMC juga akan menjadikan PowerEdge generasi ke-14 sebagai basis untuk berbagai solusi yang akan dihadirkan ke depannya. Artinya, mesin-mesin yang ditujukan untuk kebutuhan spesifi k seperti VxRail, VxRack, Isilon, vSAN, ScaleIO, dan masih banyak lagi, akan menggunakan spesifi kasi berdasarkan PowerEdge ini. Selain itu, Dell EMC juga akan bermitra dengan vendor aplikasi lain untuk menghadirkan solusi khusus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi tersebut sehingga korporasi akan mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan aplikasi serta kapasitas yang mereka butuhkan