5 hal yang Membuat Penasaran Paska Persalinan

  1. BERAPA LAMA RAHIM SAYA AKAN MENYUSUT? Pada saat hamil, berat rahim sekitar 15 kali berat rahim normal. Ini belum termasuk isinya! Untuk kapasitasnya, setidaknya 500 kali lebih besar dari rahim sebelum hamil. Nah, beberapa menit begitu bayi lahir, kontraksi akan membuat rahim menyusut. Selagi rahim berkontraksi, Mama mungkin akan merasa kram yang dikenal sebagai nyeri setelah bersalin. Dalam seminggu, berat rahim akan berkurang setengahnya. Dua minggu kemudian, turun lagi menjadi hanya 11 ons. Sekitar 4 minggu setelah Mama bersalin, berat rahim harus sudah mendekati dengan beratnya sebelum hamil, yakni sekitar 3,5 ons. Proses penyusutan rahim inilah yang disebut involusi uterus. Namun setelah rahim menyusut, Mama dapat terus terlihat seperti berbadan dua. Ini karena otot-otot perut yang “melar” selama kehamilan. Olahraga teratur dapat membantu Mama cepat kembali ke bentuk semula,
  2. BERAPA BANYAK BERAT BADAN YANG HILANG SETELAH MELAHIRKAN? Mama mungkin belum bisa kembali langsing selama beberapa waktu. Tetapi sejumlah besar berat badan sebenarnya telah berkurang begitu Mama melahirkan. SekitaU 3,3-4 kg “hilang” dari berat bayi, sekitar 0,5 kg dari plasenta, dan beberapa kilo lagi dari darah dan ketuban. Jadi Mama sudah sekitar 6 kg lebih ringan. Berat badan akan terus berkurang karena cairan yang ada selama kehamilan akan “mencari” jalan keluar. Karena itulah, Mama akan lebih sering pipis setelah bersalin (bayangkan sekitar 3 liter per hari!) juga akan berkeringat lebih banyak. Pada akhir minggu pertama, berat cairan yang hilang sekitar 2-3 kg. Jumlah ini tentu bervariasi bergantung pada seberapa banyak air yang ada selama kehamilan.
  3. KOK JADI SERING NGOMPOL? Persalinan memiliki dampak pada kandung kemih, seperti menyebabkan pembengkakan dan hilangnya sensitivitas sementara. Tidak merasakan dorongan untuk buang air kecil pada harihari pertama setelah melahirkan, biasanya dialami Mama yang mengalami persalinan normal yang lama, terlebih yang dibantu vakum, forsep, atau persalinan dengan epidural. Tapi dengan semua cairan ekstra yang diproses ginjal setelah bersalin, kandung kemih akan cepat penuh. Jadi, penting bagi Mama untuk buang air kecil (BAK) bahkan jika belum terasa ada dorongan untuk itu.

Untuk anak yang ingin belajar bahasa asing dapat mengikuti pelatihan di tempat terbaik kursus bahasa Perancis di Jakarta.